Profile

PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Jember, Jl. Semeru Blok XIV T2 Jember Telp. 0331-339 394,e-mail: ppk_jember@yahoo.com

Minggu, 21 Juli 2013

SPP Kecamatan Capai Surplus | Bapemas Bagikan Perlengkapan Sekolah

PJO Kabupaten Jember. Drs. Mukair Djauhari, SH.M.Si saat menyerahkan bantuan.
Memo Jember Senin, 8 Juli 2013
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) telah digulirkan pemerintah pusat untu mengangkat masyarakat di wilayah pedesaaan dari kemiskinan.

Hasilnya bisa dilihat dan dirasakan adanya perubahan yang signifikan di sektor perkonomian masyarakat.

Hal itu direalisasikan dalam bentuk pembangunan sarana infrastruktur pedesaan, program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) bertujuan meningkatkan nilai ekonomis ibu rumah tangga dan membantu perekonomian keluarga.

Untuk itu, Badan Pemberdayaan Masyarakat (BAPEMAS) Kabupaten Jember yang merupakan badan yang membidangi peningkatan kesejahteraan masyarakat pemberdayaan memberikan sebagaian laba surplus dari hasil SPP itu kepada anak-anak yang kurang mampu di wilayah desa penerima bantuan        
PNPM-MPd.

" Pemberian bantuan ini diperoleh dari hasil surplus SPP. Bantuan itu dirupakan dalam bentuk alat-alat sekolah seperti buku tas sekolah dan alat tulis sekolah sebanyak 174 paket," ujar Ketua Satker PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Jember, Drs. Edy B. Susilo, M.Si melalui PJO Kabupaten Jember. Drs. Mukair Djauhari,SH.M.Si.


Pembagian bantuan itu dilakssanakan di Balai Desa Balung. Pemberian bantuan alat tulis sekolah ini merupakan langkah kepedulian dari BAPEMAS selaku Satker PNPM.

"Pemberian bantuan kebutuhan sekolah itu untuk membantu anak-anak yang kurang mampu untuk sekolah. Bantuan yang kami berikan diambil dari hasil surplus SPP. Ini sekaligus waktunya anak-anak memasuki ajaran baru yang dibutuhkan alat-alat tulis dan perlengkapan sekolah, anak-anak dari keluarga kurang mampu," tuturnya.

Mukair berharap bahwa Program SPP yang dijalankan dari PNPM mulai dari tahun 2009 sampai dengan 2012 ini benar-benar manfaat bagi semua pihak, tidak hanya bagi pelaku PNPM-MPd saja. Dijelaskan juga, bahwa dikecamatan balung yang melaksanakan PNPM-MPd ini dengan total anggaran sebesar Rp. 9.250.000.000.

Total alokasi dana itu sebagian diperuntukkan bagi Simpan Pinjam Khusus Perempuan mulai tahun 2009-2012 telah mengalami surplus.

Selain itu, telah dilaksanakan untuk pembangunan rumah kurang layak huni bagi keluarga miskin dan bantuan perlengkapan sekolah bagi anak-anak kurang mampu dan anak miskin.

"Ini akan kami lakukan secara terus menerus selama program PNPM-MPd ini ada. Shingga hasilnya benar-benar maksimal dan menyentuh hingga masyarakat yang tidak mampu di seluruh Kabupaten Jember," pungkasnya. (tok/tgh/hms).

Sumber: Memo Timur (MEMORANDUM) (08/07/2013).

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Kinerja PNPM-MPd Kab Jember ?

Keluarga Besar PNPM Mandiri Perdesaan