Profile

PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Jember, Jl. Semeru Blok XIV T2 Jember Telp. 0331-339 394,e-mail: ppk_jember@yahoo.com

Kamis, 13 Februari 2014

TARGETKAN 2014 LEBIH BERKUALITAS | Bapemas Gelar Monev Hasil Kegiatan PNPM MPd 2013

JEMBER- Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Pemkab Jember selaku satker PNPM Mandiri Perdesaan (MPd) berupaya keras meningkatkan kualitas. Salah satu caranya dengan menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi (MONEV) PNPM MPd yang dilaksanakan tahun anggaran 2013 lalu. Kegiatan monev PNPM MPd kini menjadi agenda rutin tahunan Bapemas Jember untuk memastikan penggunaan dana BLM tepat sasaran.

Drs. Mukhair Djauhari SH MSi, penanggung jawab operasional (PjO) PNPM MPd Jember memimpin monev memberikan apresiasi positif dan berterima kasih atas kinerja pelaku PNPM MPd. Kegiatan selama PNPM MPd 2013 dinilai sesuai dengan standart perencanaan dan petunjuk program. Terlebih kegiatan swakelola tersebut telah dimanfaatkan oleh masyarakat yang sebagian besar adalah rumah tangga miskin (RTM).

Salah satunya evaluasi bangunan MCK di Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah. Mukhair Djauhari mengaku cukup puas melihat MCK telah memberikan manfaat kepada masyarakat stempat. Demikian juga dengan Gedung Posyandu dan perlengkapan pelayanan kesehatan di Desa Kraton Kecamatan Kencong yang sudah digunakan untuk melayani masyarakat setempat.

"Saya atas nama Satker PNPM MPd Kabupaten Jember mengucapkan terima kasih kepada semua pelaku PNPM MPd di kecamatan dan desa yang telah bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan PNPM MPd tahun 2013". Ungkap Mukhair.

Mukhair menegaskan,masyarakat sekarang sudah memiliki kesadaran pentingnya kegiatan non fisik. "Yang lebih membanggakan adalah masyarakat sudah tidak lagi berorientasi pada kegiatan fisik tetapi lebih pada kegiatan yang bisa menyelesaikan permasalahan,"imbuhnya.

Selain di Jenggawah dan Kenconh, Monev PNPM MPd juga dilaksanakan untuk gedung TK yang ada di Desa Klompangan Ajung, Padomasan Jombang, Tanjungsari Umbulsari dan gedung PAUD di Bagorejo Kecamatan Gumukmas.

Keberhasilan tahun 2013 merupakan tolok ukur PNPM MPd tahun 2014 yang saat ini sedang berproses pada tahapan perencanaan. Pola integrasi satu perencanaan untuk semua kegiatan lebih mengarah usulan kegiatan PNPM MPd. Untuk merujuk pada renstra RPJM Daerah Kabupaten Jember. Hal ini dirasakan cukup efektif, khususnya sebagai upaya antisipasi over lapping pendanaan oleh satauan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

Dalam kunjungan ke lokasi PAUD di Desa Bagorejo Kecamatan Gumukmas, Kepala Bapemas Jember, Edy B. Susilo menegaskan perlunya pengawalan proses perencanaan partisipatif oleh jajaran SKPD terkait melalui pemberian informasi rencana teknis kegiatan prioritas di instansinya.


"PNPM MPd tahun 2014 harus lebih baik, efektif dan tepat sasaran karena menggunakan skema integrasi. Oleh karenanya keterlibatan SKPD yang berhubungan langsung dengan usulan masyarakat sangatlah diperlukan, khususnya dalam memberikan informasi prioritas usulan di instansinya", ungkap Edy B. Susilo (aro/c1)

Sumber : Radar Jember, Kamis 23 Januari 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Kinerja PNPM-MPd Kab Jember ?

Keluarga Besar PNPM Mandiri Perdesaan